Friday, February 12, 2016

Pengalaman ERHA CLINIC 2013-2016

Halooo! Aaaah emang susah ya pengen ngelancarin ngeblog tuh. Dulu niatnya pengen posting sesuatu setiap minimal seminggu sekali. Padahal banyaaak banget yang pengen dipost, tapi karena satu dan lain hal ada aja excuse buat nunda ngetiknya, ehehe. Oke deh, back to topic. Seperti judulnya, di postingan ini aku mau cerita tentang pengalaman aku berobat (iya, let’s say aku berobat karena awalnya aku emang beneran niat berobat kesana tuh) di Erha Clinic Cimanuk Bandung. Sebelumnya aku mau informed consent dulu ya sama kamu-kamu yang baca, kalo postingan ini bakalan agak panjang hehe. Dan postingan ini sama sekali tidak bermaksud promosi ataupun menjelek-jelekkan suatu produk ya, ini murni aku hanya ingin cerita pengalamanku.

Hmmm mulai darimana ya. Mulai dari kondisi kulit mukaku deh. Jadi semenjak SMP-SMA dan kuliah awal itu jenis mukaku tergolong normal, gak kering ataupun oily, tapi sensitif kalau pake produk tertentu. Muncul jerawat ya paling kalau mau haid aja, sekitar 1 atau 2 biji, tapi emang suka segede-gede batu gitu sih.  Aku pake produk muka yang banyak tersedia di drugstore, kaya Pond’s, Garnier, atau Ristra.

Ini kondisi wajahku pas SMA, culun ya huhuhu

Nah semenjak kuliah tingkat akhir, yaitu pas tahun 2012, itu emang lagi stress-stressnya banget. Makan gak bener, tidur gak teratur, beban skripsi dapet pembimbingnya yang wow, pertama kali ujian SOCA, dan (di)putus(in) hahaha iya itu alesan yang terakhir sih yang bikin segalanya jadi rusak. Berat badan turun sampe 44 kg, tiap malem nangis, ga cuci muka, dan perilaku-perilaku anak labil ga sehat lainnya. Akupun merasa dalam jangka waktu tersebut di mukaku mulai muncul jerawat yang gak wajar. Banyak banget! Belum ilang yang satu, udah muncul yang lainnya. Terus jerawatnya campur dari yang keras membatu, sampe yang kecil-kecil bernanah, eewwww gak banget pokoknya. Ditambah mulailah mukaku jadi ke arah kombinasi oily dan kering. Dan makin lama makin oily, sampe akhirnya bener-bener severe oily, sedih banget kalo liat muka sendiri. Dan jugaaa di pipi kanan kiriku emang ada telangiektasi (pembuluh vena kecil-kecil) yang sangat nampak jelas, tapi emang udah bawaan dari kecil sih kalau ini.

Mungkin gak terlalu jelas ya itu jerawatnya, tapi percayalah foto di atas itu sebenernya susah banget nyari filenya, karena pas jerawatan aku males untuk difoto. Jujur aku selama jerawatan parah itu bener-bener hilang percaya diri. Kerudung dimajuin semaju-majunya buat nutupin bagian yang berjerawat. Aku makin stress. Jerawat pun makin jadi karena aku makin stress. Ya gitu aja terus lingkaran setan antara stress dan jerawat. Saking udah gak kuatnya liat muka kalo ngaca, akupun mulai nyoba pergi ke klinik kecantikan. Pertama, ke kliniknya temen mamaku di Sukabumi, dia dokter umum tapi pernah ikut workshop kecantikan gitu. Udah sekitar 3 bulan gak ada perubahan. Terus kedua, ke dokter spesialis kulit di klinik Maxi juga di Sukabumi. Disitu cuma bertahan 2 bulan karena gak ada efek sama sekali. Dan ketiga, di klinik kecantikan di Sukabumi juga, bertahan sekitar 5 bulan. Udah abis berapa ratus ribu sampe jutaan deh kayaknya di ketiga klinik tersebut, dari mulai beli obat-obatannya yang minum, yang topikal, dan tindakannya, seperti facial dan lain-lain, aku lupa sih tepatnya dulu diapain aja mukaku ini. Karena gak ada perkembangan berarti, ditambah akunya emang agak susah buat kontrol karena aku jarang bisa pulang ke Sukabumi (berhubung kuliah di Cimahi) akupun memutuskan berhenti di  klinik tersebut.

Nah sampailah di awal tahun 2013. Bulan Maret 2013 itu aku jadwal wisuda. Aaaaa aku gak mau dong wisuda dengan muka seperti ini L emang sih mungkin bisa ketutup make up, tapi kan tetep aja ya kalau jerawatnya segede-gede kacang atom mah akunya gak pede. Ngeliat anaknya yang semakin stress, mama pun nyuruh aku buat coba berobat ke Erha. Berbekal dari baca review-review orang tentang perawatan di Erha, terutama blognya Kak Madaniya (http://www.the222782madamniya.blogspot.sg/2012/09/dermatolog-erha-clinic.html?m=1) akupun semangat untuk memulai treatment di Erha Cimanuk Bandung.

Yeaaay i'm officially Erha member!


Aku dateng ke Erha bulan Februari 2013. Pertama dateng ya biasa regeistrasi dulu. Di blognya Kak Madaniya semua lengkap banget diceritain. Sampe dokter kulitnya pun aku milih dokter yang sama kaya Kak Madaniya, yaitu milih dr. Dian Puspitasari, SpKK. Kebetulan pas aku daftar ke Erha itu hari Senin dan dr. Diannya emang lagi ada jadwalnya. Jadilah langsung hari itu jadi hari pertama aku memulai perawatanku di Erha.

KONSULTASI
Dr. Dian cantik dan baik banget. Bener-bener ngedengerin setiap keluhan aku. Aku cerita aja ke beliau kalau tujuan aku ke Erha adalah buat ngilangin jerawat-jerawat ini, kalau bisa secepet mungkin, karena aku mau wisuda bulan depan hahaha ngeri juga ya aku. Aku juga cerita kalau aku udah ke beberapa skin care dan udah dapet berbagai obat dan tindakan tapi gak ada perkembangan. Setelah cerita, aku disuruh baring di kasur periksa, dan dokternya meriksa mukaku dengan seksama, terus mukaku difoto close up. Habis itu duduk lagi, ngobrol lagi, dan akupun dikasih resep. Obat-obat yang aku dapat di kunjungan pertama ini adalah:

Facial wash Erha 2, AMG (Acne Moisturizer Gel) 2, ASG (Acne Sunscreen Gel), AF (Acne Foundation), CC (Corrective Cream) 5, dan obat minum antibiotik Doksisiklin dan Isotretinoin. Untuk pemakaian isotretinoin, sebelumnya dipastikan dulu kalau aku nggak hamil dan bukan pemakai lensa kontak, dan si isotret ini belinya bukan di apotek erha tapi di apotek Santi Bandung. Setelah itu aku ke kasir untuk bayar, aku lupa tepatnya berapa, tapi di kunjungan pertama ini aku ngeluarin sekitar Rp600.000 (termasuk biaya konsultasi dokter Rp 120.000). Akupun disuruh kontrol 2 minggu lagi untuk melihat perkembangan mukaku sebagai newbie.

Dalam 2 minggu pertama, aku merasakan perubahan yang signifikan di mukaku. Asli bahagia banget. Jerawat-jerawat besar langsung pada kempes, dan gak muncul jerawat-jerawat baru. Alhamdulillah aku bahagia banget karena Erha cocok di aku! Yeay! Akupun makin semangat dan optimis kalo mukaku bakal kinclong kalau aku rutin kontrol di Erha. Di pertemuan kedua, aku gak dikasih obat, jadi hanya bayar biaya konsultasi.

Sampai akhirnya tibalah bulan Maret, waktunya aku wisuda. Alhamdulillah banget pas aku wisuda bener-bener gak ada jerawat 1 pun! Tinggal bekas-bekasnya aja. Aku seneng banget doooong secara kalo bekas jerawat doang mah kecover laaah sama make up. Sekali lagi, aku bahagia banget karena Erha ini nampol di aku. Aku gak berharap pengen putih atau apalah, karena yag aku inginkan cuma menghilangkan jerawat dan jangan sampe ada jerawat tumbuh lagi.

Muka pas wisuda :')


Setelah itu, akupun rutin kontrol sekitar 2-3 bulan sekali di tahun 2013. Masuk tahun 2014, aku mulai males kontrol. Di tahun ini aku kontrol 4 kali. Kalo gak salah di pertengahan 2014 ini biaya konsultasinya udah naik jadi Rp 140.000. Nah karena resep obatnya itu bisa diulang, aku makin males kontrol jadinya hehe, jadi kalo krim abis ya tinggal ke Erha Apotechary aja. Semakin kesini, karena bersyukur jerawatku udah hilang, sebagaimana manusia yang gak pernah puas, akupun bilang ke dokternya kalau aku pengen kulitnya cerahan gituuu. Dan satu problem lagi yang belum terpecahkan adalah mukaku yang oily parah. Dr. Dian pun mencoba mengganti kombinasi krim-krim yang aku pakai. Puncaknya sih di tahun 2014, adalah tahun kejayaan muka aku. Orang-orang pada bilang kalau muka aku bersih, cerah, dan cantikan deh pokoknya (ciyeee). Udah ngerasa makin berhasil, akupun makin males kontrol ke dokternya.

Masuk tahun 2015, disini aku semakin gak tau diri. Kontrol cuma sekali yaitu bulan Februari aja. Ditambah dengan ke(sok)sibukan aku beres coass ngurus UKDI ngurus internship dan lain-lain, beneran bikin gak sempet untuk kontrol ke Erha. Sekali lagi, untungnya aku selalu ngumpulin resep dari dokternya yang bisa diulang.  Jadi aku bisa bertahan dengan krim-krim Erha walau gak kontrol hehe. Oke bagian ini sebaiknya jangan ditiru.

Bagaimana kondisi mukaku sepanjang tahun 2015? Ya gitu aja sih. Jerawat alhamdulillah gak pernah bandel, muncul kali kali aja kalau mau haid atau kalau emang lupa cuci muka sebelum tidur dalam keadaan muka kotor. Cumaaa makin sini kok aku ngerasa kayaknya gak ada perubahan berarti ya, stagnan, ya gini-gini aja. Akupun banyak denger dari temen-temenku bahwa kalau Erha itu emang bagus untuk ilangn jerawat, tapi untuk mencerahkannya sih agak kurang. Gak tau emang bener begitu, gak tau karena kebawa sugesti, akupun merasakan hal seperti itu. Mukaku malah jadi semakin kusam. Dan satu lagi masalah yang sampai sekarang gak terpecahkan adalah severe oily nyaaaaa ampun aku nggak sanggup. Mungkin ya salahku juga sih karena gak pernah kontrol lagi. Mungkin karena krim-krimnya udah resisten di aku. Seharusnya diganti hahaha tapi ya akunya bandel udah keburu males kontrol.
Foto muka 2013 pertengahan - 2013 akhir - 2014 - 2015
No edit, no camera360, pure selfie pake kamera hp. Hasilnya terang karena emang outdoor hehe

Sampe sekarang… aku mau pelan-pelan lepas produk Erha hehehe. But anyway, I thank Erha especially dr. Dian sooooooo much for deadening acnes from my face xixi.


THE PRODUCTS
Sebelumnya aku mau minta maaf banget karena aku gak bisa nyantumin foto-foto produk Erha yang aku pake, karena udah pada ga aku pake lagi dan habis huhuhu dan pot-potnya yang masih ada pun ketinggalan di kosan (aku sekarang lagi di rumah)

Facial wash
Dari awal kontrol sampe terakhir kontrol, aku dikasih sabun muka untuk kulit berminyak. Aku dapet Erha 2 Facial Wash  (for oily skin) dan beberapa kali kontrol juga sempet dapet ACS-BP (Acne Cleansing Scrub with Benzoil Peroxide). Oh iya semua nama produk Erha itu singkatan, usahakan kamu tau singkatan dari apa ya produk tersebut. Kalo Erha 2 sih isinya gel cair gitu bening. Kalo ACS-BP ada scrub-scrubnya. Aku dikasih ACS-BP pas aku ngeluh minyak di muka edan-edanan. Tapi aku kalo udah dikasih ACS-BP gak dikasih resep ulangan, pasti untuk selanjutnya disuruh ganti pake Erha Facial Wash 2 lagi. Aku suka keduanya, kerasa bersih banget kalo habis cuci muka. Ga ada efek buruk ke mukaku yang sensitif. Harganya kalo dulu sih kisaran Rp60.000an, kalau sekarang kayanya Rp 70.000an gitu sih tepatnya aku lupa. Satu botol facial washnya lumayan awet sih di aku, dengan isi 60 ml bisa buat 3-4 bulanan hahaha, dengan pemakaian 2-3 kali sehari tergantung lagi keluar rumah atau nggak.

Acne Moisturizer Gel (AMG)
Pertama kontrol aku dapet AMG 2. Dalam perjalanannya, dr. Dian sempat mengganti moisturizerku dengan AMG 1 dan sempat juga diganti AMG 6, dengan alasan lebih bagus mengontrol minyak. Aku lupa yang AMG 1 atau 6 ya yang lebih mengontrol minyak, sampe pas terakhir kontrol itu aku dapet AMG 6. Cuma ya itu, di mukaku kurang berefek L minyak tetep lebaaaay.  Harga tiap pot nya sekitar Rp 60-70.000an gitu, dan aku bisa pake sekitar 2-3 bulanan.

Acne Sunscreen Gel (ASG)
Produk ini yang masih aku pake sampe sekarang. Seperti namanya, tentu saja produk ini melindungi muka kita dari sinar UV. Pas pemakaian agak agak ninggalin white cast gitu sih, tapi pinter-pinter aja ngeratainnya biar gak keliatan hehe. Harganya kurang lebih sama kaya AMG, tapi pemakaiannya si ASG ini aku bisa lebih lama dari AMG, bisa sampe 4-5 bulanan hahaha gak tau kenapa, mungkin karena si efek white cast tadi jadinya aku kalo pake cuma sedikit-sedikit gitu.

Corrective Cream (CC)
CC ini krim malam. Fungsinya buat menyamarkan noda bekas jerawat dan mencerahkan wajah. Pertama kali dateng aku dapet CC 5. Dalam perjalanannya, CC ku naik jadi CC 10, CC 25, dan sampe sekarang aku masih pake CC 50. Kerasa sih perkembangannya dari awal mukaku yang gak begitu cerah, makin sini jadi makin cerah. Dan keras juga kalau malemnya gak pake CC, pas besok paginyak berasa kusam gitu. Mungkin harusnya aku udah naik lagi kadar CC nya, tapi karena aku udah gak pernah kontrol lagi, jadi ya segini-gini aja deh hehehe. CC ini kalo bisa disimpen di dalem kulkas. Untuk harga dan lama pemakaian kurang lebih sama kaya AMG.

Acne Foundation (AF)
Dari pertama kontrol sampe sekarang, aku Cuma 2 kali dapet resep AF 2. Si AF 2 ini warnanya coklat gitu kaya foundation. Tapi dipakenya malem, selang seling sama CC (pas pemakaian pertama).  Aku juga pernah pake AF 2 ini di sekitar tahun 2014 sebagai krim malem, gara-gara telangiektasiku makin keliatan, jadi aku disuruh pake CC di kening dan hidung aja, sedangkan untuk pipi pake AF 2. Hal itu aku jalankan selama sekitar 2 bulan. Selanjutnya, karena males, akupun pake CC lagi di seluruh muka. Jadilah telangiektasiku semakin jelas terlihat huhu.

Acne Loose Powder
Buat bedak, aku pake produk Erha juga. Aku pake Esme True Matte Acne Loose Powder for oily skin. Harganya Rp 80.000an gitu. Sekali beli bisa buat 4 bulanan. Aku pake bedak ini mulai 2014. Pas awal-awal berobat mah aku polos gak bedakan, jadi habis ASG ya udah aja gak pak apa apa lagi hehe. Bedaknya enak sih, tapi kenapa ya di aku oil controlnya gak ngaruh juga L baru 1 jam aja ini muka udah kaya kilang minyak bocor ah sedih banget L

Lip Care
Aku sempet nyobain Erha Eternal Lips juga, kaya lip balm gitu. Ini enak banget loooh bibir beneran bagus, jadi cerah, dan lembab cantik pokonya. Harganya sekitar Rp80.000 aku beli pas tahun 2014. Tapiii sayang banget baru setengah pemakaian, eternal lips ku hilang L dan akunya gak beli lagi.

Hmmm udah sih segitu produk-produk Erha yang aku coba. Aku seneng baca resep yang dikasih, dan ternyata di setiap krim Erha itu udah ada antibiotiknya ihiy. Yang sampe sekarang masih aku pake cuma ASG sama CC nya aja. Untuk produk lain kaya facial wash, moisturizer, dan bedak aku lagi cari-cari merk lain yang sekiranya ampuh untuk muka severe oily ku. Facial wash Erha terakhir aku pake bulan Januari 2016. Kalo AMG terakhir aku pake bulan Juli 2015. Dan bedak Esme nya terakhir aku pake Januari 2016 juga. Stress juga nyari produk yang pas buat kulit yang minyakannya ampun-ampunan kaya gini.


FACIAL
Selama aku berobat di Erha, aku cuma pernah facial 3 kali. Itupun pas udah setahun aku berobat disana. Pas tahun 2014 karena dr. Dian melihat komedoku sangat banyak, beliaupun nyuruh aku buat DPCT (Deep Pore Cleansing Treatment), salah satu teknik facial di Erha. Setelah itu aku facial lagi di tahun 2015 bulan Februari dan Agustus. Facial disana ternyata gak harus berdasarkan rekomendasi dokternya kok. Cuma harus appointmet dulu satu hari sebelumnya. Harga facial waktu 2014 mah Rp 200.000. pas 2015 kalau gak salah jadi Rp 250.000. Habis facial dikasih teh dan masker untuk buat di rumah, uuuu enyak.
Oiya dr. Dian itu sumpah baik banget loh, aku pernah pas kontrol kan lagi ada komedo jelas dan gede-gede banget, tapi gak banyak. Eeeh taunya di ruang konsultasinya sama dr. Diannya dilaukan tindakan ekstraksi komedo, dan gak ada biaya tambahan sedikitpun hihi.

Salah satu mirror selfie pas lagi nunggu mau facial di Erha


Oke deh. Kira-kira gitu perjalanan aku berobat di Erha. Setiap konsultasi, kalo sama beli obat aku paling bayar sekitar Rp400.000an, kalo ngambil obat aja gak sama konsultasi, paling cuma Rp 300.000an dan itu sekitar 3-4 bulan sekali. Alhamdulillah sih aku seneng karena Erha berhasil ngilangin jerawat-jerawat aku. Cuma sekarang aku sedang menghadapi masalah lain yaitu si mienyax huft. Masih bingung nih mau coba balik lagi kontrol ke Erha, tapi sekarang akunya dinas jauh di Majalengka jadi susah juga. Jadi sepertinya aku mau mencoba produk-produk lain supaya mukaku gak bosen pake Erha melulu hehe. Aku sih lagi nyoba Clinique dan Secret Key. Mungkin nanti kalo berhasil mau bikin reviewnya. Doakan aku yaaa supaya si mienyax ini bisa menghilang dan tak kembali huhuhu. Emang sih katanya kalo yang berminyak itu gak gampang keriput. Tapi ya kalo begini banget sampe 15-30 menit beres cuci muka langsung banjir minyak mah….. ah gak sedap banget pokonya. Baiklah sekian dulu dariku, semoga kamu kamu disana para pejuang Erha berhasil mewujudkan impian terhadap mukamu yaaa. Kiss. Bye!

31 comments:

  1. lepas dari erha sekarang pake produk apa ya kak? terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. Mba tau ga kalo perawatan awalnya ngeluarin biaya berapa untuk tahun 2016?

    ReplyDelete
  3. Biaya awal bisa sampe 700 an . Klo g sama peeling.. klo sma peeling kena 1 jt lbih.. kmren aku baru ksnaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba dah coba peeling ya? Kalo peeling budgetnya berapa ya?

      Delete
  4. Biaya awal bisa sampe 700 an . Klo g sama peeling.. klo sma peeling kena 1 jt lbih.. kmren aku baru ksnaaa

    ReplyDelete
  5. Aqw pernah ke erha emg bgus bgts n playanannya jga top bgts... skarang aqw dh gk jerawatan lgi tggal bekas2nya aja nie.. samar2 lah..hihihi... mau ksana lgi msih mkir2 kantong dlum. Krna erha trmasuk level tengah atas mnrtqw.. jd agak mehoong ciiin

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Lepas dari erha, perubahan di kulit muka keliatan banget ga?aku juga pake erha udah bertahun-tahun..Ada niat buat lepas dari erha, dan mau cari skin care biasa yang lebih gak nguras kantong hahahaha

    ReplyDelete
  8. Kak, selama minum isotretinoin ada efek samping yang "serem" ga? Trus waktu dikasih di suruh periksa darah lengkap ga? Soalnya aku juga dikasih obat itu cuma agak takut minum krna lihat efek sampingnya sama yg katanya harus periksa darah lengkap rutin tiap bulan. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ada yang memang di suruh periksa darah dulu melihat kondisi tubuh kita, kalaupun tidak memungkinkan bisa minta di ganti resepnya kok. Dokter kan mau yg terbaik untuk pasiennya.

      Delete
  9. Aq kemaren bru dr erha dan sama masalah jerawat aq d erha galaxy mall surabaya ada d lantai 3. Konsultasi dokter cuma 150rb,acne peel 390rb,utk pagi dpt fw erha2,toner erha3,krim pagi amg2,af5. Untuk malamny krim ag2,ast. Dan obat minum utk 3 minggu secara jerawat aq gede gede nyerii bgt doxicilin. Lalu injeksi jerawat 180. Jadi total semuany 1.450 rbuan untuk harga di tahun 2017 ini ya geng's.

    ReplyDelete
  10. Aq kemaren bru dr erha dan sama masalah jerawat aq d erha galaxy mall surabaya ada d lantai 3. Konsultasi dokter cuma 150rb,acne peel 390rb,utk pagi dpt fw erha2,toner erha3,krim pagi amg2,af5. Untuk malamny krim ag2,ast. Dan obat minum utk 3 minggu secara jerawat aq gede gede nyerii bgt doxicilin. Lalu injeksi jerawat 180. Jadi total semuany 1.450 rbuan untuk harga di tahun 2017 ini ya geng's.

    ReplyDelete
  11. Kak aku udah 2 bulan ini pake erha. Muka ku yang awalnya cuma jerawatan satu dua ini jadi jerawatan di pipi banyak. Apa karena ga cocok ya? Aku udah peeling dan udah facial terus hasilnya pasti muncul jerawat gede banget . Pengen lepas tapi takut tambah parah :(

    ReplyDelete
  12. aku mau perawatan erha juga tapi masi bingung juga kak, soalnya kn jerawatku parah gitu takutnya ngeluarin uang sampee 2jt gitu kalo perawatan. sampe segitu gak sih kak? soalnya aku juga mau UN jd stres*nya jerawat keluar semua

    ReplyDelete
  13. aku mau perawatan erha juga tapi masi bingung juga kak, soalnya kn jerawatku parah gitu takutnya ngeluarin uang sampee 2jt gitu kalo perawatan. sampe segitu gak sih kak? soalnya aku juga mau UN jd stres*nya jerawat keluar semua

    ReplyDelete
  14. Harga paket krim sabun toner dsb nya aja brp ya sis ? Boleh kah konsul pertama cm ambil paket krim2an aja ?

    ReplyDelete
  15. Harga paket krim sabun toner dsb nya aja brp ya sis ? Boleh kah konsul pertama cm ambil paket krim2an aja ?

    ReplyDelete
  16. Kak aku udah 2 bulan ini pake erha. Muka ku yang bulan awalnya baikan, kemudian bulan kedua stelah konsul dan ganti obat muka ku jadi merahan,panas, kering dan mengelupas gitu kak. Apa karena obat nya ga cocok ya? Atau itu reaksi obatnya kak? Atau gimana ya kak?😒😒

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Aq udh mw 2 bln pakai erha, awal pakai sempet jerawatan melanda di area dagu. Skrg tgl bekasnya aja yg msh blm hilang. Utk cerah sih wajah aq udh cerah yah, cm nanti aq mw curhat lg sm dokter soal jerawat yg di dagu itu timbul tenggelam trs. Utk biaya bln juni 2017 cm 570rb sdh sm dokternya. Krim jg awet bs 2-3bln klo yg bisa pakainya irit yah.

    ReplyDelete
  19. Prwtn erha mmg bagus bgtt aku sudah pakai dri thn 2014 smpy skrg

    ReplyDelete
  20. Untuk kandungan dlm produknya. Aman gak sist...

    ReplyDelete
  21. Kaka pake cc25 (krim malem) ga di mix pake krim dr erha yg lain ka?

    ReplyDelete
  22. Kaka pake cc25 (krim malem) ga di mix pake krim dr erha yg lain ka?

    ReplyDelete
  23. Klinik erha klw buat flek bagus gak yaaa

    ReplyDelete
  24. Planet Win 365 – Profile - The Malta Gaming
    The winning streak started as a small ラッキーニッキー but spectacular γ‚―γ‚€γƒΌγƒ³γ‚«γ‚ΈγƒŽ win in the casino at planet win 365 Planet Win 365. As you can see on the front of the page, the winning streak started

    ReplyDelete